Minggu, 19 Mei 2013

Pengertian dan Definisi Area Bersinyal (Hotspot)

pengertian dan definisi hotspot
Hotspot bisa diartikan Area bersinyal merujuk pada tempat-tempat tertentu (biasanya tempat umum) yang memiliki layanan internet dengan menggunakan teknologi Wireless LAN.
 
Hotspot adalah sebuah istilah yaitu dimana sebuah tempat yang bisa orang gunakan untuk mengakses internet. Asalkan dengan syarat menggunakan Laptop atau PDA dengan fitur WiFi (Wireless Fidelity). Dizaman sekarang sudah banyak Handphone yang dilengkapi fitur WiFi sehingga diarea hotspot handphone pun bisa digunakan untuk mengakses internet.

Biasanya area-area seperti Sekolah,Kampus,Pekantoran merupakan area WiFi namun tidak semua area WiFi bisa digunakan untuk mengakses internet. Ada juga yang menggunakkan password sehingga kita harus mengetahui passowrdnya terlebih dahulu.

Konsep ini pertama kali dikemukakan pada tahun 1993 oleh Bret Stewart sewaktu konferensi Networld dan Interop, di San Fransisco. Dengan pemanfaatan teknologi ini, setiap orang dapat mengakses jaringan internet melalui komputer/laptop/HP/PDA yang mereka miliki di lokasi-lokasi area bersinyal ini tersedia, tentunya perangkat komputer/laptop/ponsel/PDA tersebut harus memiliki teknologi wi-fi.

Pada umumnya peralatah area bersinyal wi-fi menggunakan standardisasi WLAN IEEE 802.11b atau IEEE 802.11g. Teknologi WLAN ini mampu memberikan kecepatan akses yang tinggi hingga 11 Mbps (IEEE 802.11 b) dan 54 Mbps (IEEE 802.11 g) dalam jarak hingga 100 meter.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar